Kamis, 14 Mei 2009

Permen Kopi

INGIN menghilangkan kantuk? Minum kopi saja. Kalau mau praktis, ya pilih permen kopi. Samakah efeknya?
Menurut Eny Sayuningsih SKM MKes, diolah dalam bentuk apa pun, kopi tetap memberikan berbagai dampak. Pada permen kopi, misalnya, efek yang ditimbulkan tentu tidak sebesar ketika mengonsumsi secangkir kopi. Sebab, kadar kopi keduanya berbeda. ''Apalagi, kalau hanya makan satu permen,'' jelas Kepala Instalasi gizi RSU Haji Surabaya itu.
Dokter Widayat Sastrowardoyo SpFK menambahkan, ada beberapa manfaat positif kopi. Di antaranya, merangsang sistem saraf pusat. ''Inilah yang membuat mata tidak mengantuk,'' ujar kepala instalasi farmakologi klinik RSU dr Soetomo itu. Minuman berwarna hitam tersebut juga bermanfaat merangsang otot. Dengan demikian, seseorang merasa bersemangat dan tidak malas.
Meski demikian, ada juga efek negatifnya. Minum kopi berbahaya bagi penderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebab, kafein membuat tekanan darah meningkat tajam. Selain itu, kopi meningkatkan aliran darah ke ginjal. Akibatnya, produksi urine bertambah (efek diuretik). ''Artinya, merangsang pembentukan kencing,'' katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar